SOLOPOS.COM - Infografis Wajah Sepak Bola Indonesia (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLOTragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu menunjukkan wajah sepak bola Indonesia.

Peristiwa itu mengakibatkan 135 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya terluka.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Peristiwa memilukan tersebut terjadi seusai pertandingan lanjutan BRI Liga 1 musim 2022/2023 antara tuan rumah Arema Malang yang ditekuk Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang dengan skor 2-3.

Tragedi Kanjuruhan merupakan tragedi terburuk kedua sepanjang sejarah sepak bola dunia berdasar jumlah korban jiwa.

Sepak bola paling mematikan dalam sejarah sepak bola terjadi di Stadion Nacional, Lima, Peru yang menelan 328 jiwa pada 24 Mei 1964.

Insiden berdarah di Kanjuruhan itu membuka mata bahwa infrastruktur pertandingan sepak bola di Tanah Air mayoritas tidak layak.

Belum ada sistem pengamanan pertandingan yang baku dalam penanganan situasi tertentu di lapangan sesuai eskalasi. Sampai akhirnya polisi menerbitkan Perpol No. 10/2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. Itu sebagai pedoman pengamanan pada pertandingan-pertandingan selanjutnya.

FIFA berjanji membantu memperbaiki sepak bola Indonesia. Pemerintah membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Tragedi Kanjuruhan. Pemerintah memutuskan menghentikan liga untuk sementara waktu sambil menunggu reformasi sepak bola secara menyeluruh.

Pada sisi lain, PSSI didesak menggelar KLB untuk memilih kepengurusan baru demi perbaikan sepak bola Indonesia. KLB digelar.

Erich Thohir terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI, dua kursi Wakil Ketum PSSI diisi Zainudin Amali dan Ratu Tisha. Pada KLB itu juga terpilih 12 orang Komisi Eksukutif atau Exco.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga juga menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa menyusul ditetapkannya Direktur Utama Akhmad Hadian Lukita sebagai tersangka atas Tragedi Kanjuruhan. Ferry Paulus terpilih sebagai Direktur Utama pada 15 November 2022.

Setelah itu PT LIB dan PSSI mengambil keputusan penting terkait nasib kompetisi di Tanah Air, yakni Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Hal-hal yang terjadi atas dampak Tragedi Kanjuruhan dirangkum dalam infografis berikut ini.

Infografis Wajah Sepak Bola Indonesia (Solopos/Whisnupaksa)
Infografis: Whisnupaksa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya