SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik Lebaran 2023. (Solopos.com-Galih Ertanto)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 123,8 juta orang diprediksi akan melakukan perjalanan untuk mudik Lebaran tahun 2023 ini. Dari jumlah sebanyak itu, pemudik paling banyak diperkirakan akan menggunakan moda transportasi mobil pribadi.

Berdasarkan data Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, mobil pribadi menjadi moda transportasi yang paling diminati yakni mencapai 27,32 juta pemudik. Sementara di urutan kedua ada sepeda motor dengan 25,13 juta pemudi, bus mencapai 22,77 orang, kereta api antarkota 14,47 orang, dan mobil sewa 9,53 juta orang.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Banyaknya pemudik yang menggunakan moda transportasi mobil pribadi ini pun membuat ruas jalan tol diperkirakan penuh. Bahkan diperkirakan ada sekitar 9,2 juta orang yang akan menggunakan jalan tol sebagai jalur perlintasan.

Guna mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan tol, terutama tol Trans Jawa, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR pun telah menerapkan skema manajemen lalu lintas di tol. Berikut tiga skema manajemen lalu lintas yang disiapkan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

 

Infografis Arus Mudik (Solopos/Galih Ertanto)
Infografis: Galih Ertanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya