Kekerasan Seksual di Indonesia

29 Juli 2019 06:00 WIB Whisnupaksa Kridhangkara Espospedia Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Data Komnas Perempuan 2018 mengungkapkan kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia meningkat 14% dibanding tahun sebelumnya. Ini terjadi baik di ranah personal maupun publik. Namun kekerasan seksual lebih menonjol terjadi di ranah personal atau pernikahan.

Data Komnas Perempuan 2018 mengungkapkan kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia meningkat 14% dibanding tahun sebelumnya. Ini terjadi baik di ranah personal maupun publik. Namun kekerasan seksual lebih menonjol terjadi di ranah personal atau pernikahan.

Para aktivis telah memperingatkan epidemi pelecehan seksual dan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia. Berdasarkan data Komnas Perempuan 2018, terdapat 406.178 kasus kekerasan yang dialami perempuan Indonesia. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya sebesar 348.466 kasus.

Jenis yang paling menonjol yaitu kekerasan di dalam ranah personal (rumah tangga) yang mencapai 71% atau sebanyak 9.367 kasus. Menurut Komnas Perempuan, sebagian tren disebabkan karena semakin banyak perempuan yang maju dan mandiri secara finansial.