Jangan Panik! Begini Cara Berlindung Saat Terjadi Gempa

27 Juli 2019 14:30 WIB Whisnupaksa Kridhangkara Espospedia Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengakui ada potensi terjadi megathrust (gempa besar) dengan skala magnitudo 7,0 hingga magnitudo 8,0 di Indonesia.

Hal itu menurutnya sejalan dengan status Indonesia sebagai negeri cincin api dan sabuk gunung api yang berada di atas lempeng-lempeng tektonik aktif.

Meskipun kapan terjadinya gempa belum dipastikan, daerah pesisir diminta menyiapkan mitigasi dan meninjau mitigasi dari kasus terdahulu.

Menurut Dwikorita, sekarang adalah era untuk persiapan, baik jalur evakuasi, tempat berkumpul, tempat berlindung, dan yang paling penting persiapan itu akan lebih ringan. Dengan catatan sejak awal tata ruangnya sudah mengikuti zona aman dari bahaya.

“Jadi yang penting itu, bukan cemas kapan ya kalau nanti ada gempa, tsunami. Jadi lebih baik seperti itu, kita mengedukasi diri kita bersama-sama masyarakat, pemerintah daerah bekerja sama,” kata Dwikorita Karnawati seusai mengikuti acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional BMKG di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019) siang.

Simak infografis cara berlindung saat terjadi bencana gempa bumi berikut ini: