Raja Rama X, dari Kokpit Pesawat ke Takhta Kerajaan Thailand

09 Mei 2019 07:30 WIB Whisnupaksa Kridhangkara Espospedia Share :

Solopos.com, SOLO -- Mei ini menjadi saat terjadinya pergantian penguasa kerajaan di dua negara Asia. Setelah Jepang yang pada 1 Mei lalu secara resmi memiliki kaisar baru yaitu Kaisar Naruhito, kini negara tetangga Indonesia sesama anggota pendiri ASEAN, Thailand, juga secara resmi memiliki raja baru yaitu Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun atau Raja Rama X.

Maha Vajiralongkorn, 66, sesungguhnya sudah menjadi raja sejak ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, yang merupakan raja terlama di dunia yang memerintah selama 70 tahun, wafat pada akhir 2016 silam. Namun penobatannya secara resmi baru dilakukan dalam rangkaian upacara selama dua hari pada Sabtu-Minggu (4-5/5/2019).

Vajiralongkorn lahir pada 28 Juli 1952 sebagai anak kedua pasangan Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit yang memiliki empat anak. Dia adalah satu-satunya anak laki-laki sehinggas otomatis menjadi pewaris takhta. Setelah merampungkan pendidikan dasar di dalam negeri, dia melanjutkan sekolah di sejumlah sekolah elite di Inggris dan Australia. Dia lalu masuk ke akademi militer di Australia, Royal Military College Duntroon, di Canberra. Dia juga meraih gelar sarjana studi militer dari University of New South Wales, Australia.

Biografi resminya mencatat Vajiralongkorn juga memiliki kualifikasi sebagai penerbang helikopter dan pesawat tempur militer. Dia sempat menjalani karier di Angkatan Darat Kerajaan Thailand dan ikut terjun dalam operasi menghadapi gerilyawan komunis pada 1970-an. Vajiralongkorn yang memiliki sejumlah rumah pribadi di Eropa juga sering menerbangkan sendiri pesawat kerajaan saat bepergian.