Membidik Calon Ibu Kota Baru

08 Mei 2019 19:00 WIB Whisnupaksa Kridhangkara Espospedia Share :

Solopos.com, BALIKPAPAN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi beberapa lokasi di Kalimantan yang diusulkan sebagai calon ibu kota negara. Salah satu lokasi yang dikunjungi Jokowi adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim).

”Saya melihat di sini semuanya sangat mendukung. Kebetulan lokasinya di tengah jalan tol Balikpapan-Samarinda. Di Balikpapan ada airport-nya, Samarinda ada airport-nya. Jadi [lebih hemat] tidak perlu buat airport lagi. Pelabuhan [internasional] juga ada di Balikpapan," kata Jokowi di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Selasa (7/5/2019).

Dalam kunjungan kerja ke Kaltim, Jokowi didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi dan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah. Kepala Bappeda Kaltim Zairin Zain memberikan penjelasan kepada Jokowi terkait lokasi Tahura Bukit Soeharto.

Zairin menyatakan Pemprov Kaltim sudah menyiapkan areal seluas 5.000 hektare ke di sisi kanan jalur tol Balikpapan-Samarinda ke arah laut sebagai lokasi ibu kota. Jika masih diperlukan, akan disipakan lahan tambahan seluas 3.000 hektare. ”Semuanya masih di areal Bukit Soeharto," kata Zairin.