Indikator Kerawanan TPS Pemilu 2019

13 April 2019 07:00 WIB Whisnupaksa Kridhangkara Espospedia Share :

Solopos.com, SOLO -- Sekitar 1.241 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 1.734 jumlah TPS di Kota Solo atau 71,51 persen dinyatakan rawan menurut hasil kajian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solo.

Pemetaan kerawanan tersebut didasarkan pada 10 indikator kerawanan di TPS di lima kecamatan di Kota Bengawan. Ketua Bawaslu Solo, Budi Wahyono, menyampaikan kerawanan pemilu tersebut berbeda dengan kerawanan yang telah diukur pihak kepolisian.

Bawaslu Solo telah melakukan kajian dengan mengukur empat variabel. Variabel yang pertama dilihat dari aspek penggunaan hak pilih atau hilang hak pilih. Variabel kedua terkait kampanye, ketiga netralitas, serta yang keempat pemungutan suara. Dari kajian-kajian tersebut dibeberkan sejumlah 10 indikator.

"Dari ke semua itu indikator tertinggi adalah letak TPS berada di dekat lembaga pendidikan, posko tim kampanye peserta Pemilu, hingga daftar pemilih khusus [DPK]," ujar Budi ketika jumpa pers di Kantor Bawaslu Jl. Panembahan No. 2, Penumping, Laweyan, Jumat (12/4/2019).