News
Jumat, 29 Maret 2024 - 10:54 WIB

MWA UNS Solo Bentuk Panitia Pemilihan Rektor Periode 2024-2029, Ini Susunannya

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota MWA UNS Solo periode 2024-2029. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengadakan sosialisasi terkait pembentukan panitia pemilihan rektor di Auditorium UNS, Kamis (28/3/2024).

Ketua MWA UNS, Muliaman Darmansyah Hadad, mengatakan ada dua hal yang disosialisasikan kepada keluarga besar UNS, pertama mekanisme pemilihan rektor. Kedua, penyusunan tata aturan internal dari tiga organ, yaitu MWA UNS, rektor, dan senat akademik.

Advertisement

Terkait dengan pembentukan panitia pemilihan rektor didasarkan pada Pasal 7 ayat (1) Peraturan MWA UNS Nomor 1 Tahun 2024 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor. Sebelum panitia pilrek terbentuk, MWA UNS melaksanakan Rapat Pleno MWA pembentukan pilrek 2024-2029 pada Senin (25/3/2024) lalu.

“Jadi panitia pemilihan [rektor] sudah terbentuk dan akan melakukan tugas-tugas seperti menyusun jadwal, bagaimana proses penjaringan, dan sebagainya,” kata dia saat diwawancara wartawan di Gedung Rektorat UNS, Kamis (28/3/2024).

Adapun Panitia Pemilihan Rektor periode tahun 2024-2029 yang beranggotakan 15 orang terdiri atas Sekretaris Majelis Wali Amanat, Sekretaris Senat Akademik, Sekretaris Dewan Profesor, dan 12 orang dosen yang diusulkan oleh fakultas dan sekolah vokasi berkualifikasi akademik doktor dan jabatan akademik paling rendah lektor.

Advertisement

Berikut nama anggota Panitia Pemilihan Rektor yang dimaksud:

  1. Prof. Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T., M.T.;
  2. Prof. Dr. Mohammad Jamin, S.H., M.Hum.;
  3. Prof. Dr. Ir. Cucuk Nur Rosyidi, S.T., M.T.;
  4. Vitri Widyaningsih, dr., M.S., Ph.D.;
  5. Dr. Haris Nugroho, S.Pd., M.Or.;
  6. Dr. Triana Rejekiningsih, S.H., K.N., M.Pd.;
  7. Dr. Sayid Mataram, S.Sn.;
  8. Dr. Mulyanto, S.H., M.Hum.;
  9. Dr. Asal Wahyuni Erlin Mulyadi, S.Sos., MPA.;
  10. Dr. Arifuddin, Lc., M.A.;
  11. Dr.Agr. Ir. Sigit Prastowo, S.Pt., M.Si., IPM., ASEAN Eng.;
  12. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., Ph.D.;
  13. Dr. Irfan A N, S.Ag., M.Ag.;
  14. Dr. Supriyono, M.Si.; dan
  15. Dr. Maria Paskanita Widjanarti, S.K.M., M.Sc.

Panitia Pemilihan Rektor UNS periode tahun 2024-2029 telah mulai bekerja menyusun Rancangan Keputusan Majelis Wali Amanat tentang Jadwal Pemilihan Calon Rektor dan Rancangan Peraturan Majelis Wali Amanat tentang Tata Tertib Pemilihan Calon Rektor yang telah berjalan sejak 27 Maret 2024 hingga saat ini masih terus berjalan.

Setelah nantinya Keputusan Majelis Wali Amanat tentang Jadwal Pemilihan Calon Rektor dan Peraturan Majelis Wali Amanat tentang Tata Tertib Pemilihan Calon Rektor disahkan oleh MWA UNS, selanjutnya panitia itu akan melaksanakan tahapan pemilihan rektor dimulai dengan melakukan sosialisasi kepada sivitas akademika dan masyarakat dalam waktu dekat.

Advertisement

Muliaman juga berharap agar pemilihan rektor UNS mendatang berlangsung dengan aman, damai, transparan, dan partisipatoris. Tujuannya untuk menghasilkan keputusan yang baik pula dan kredibel.

“Banyak tadi masukan dari internal UNS agar semua proses pemilihan rektor dilakukan secara terbuka, baik, dan melibatkan banyak pihak, agar hasilnya juga baik dan tidak ada lagi perdebatan yang tidak perlu,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif