Singapura ala Boyolali

08 Januari 2019 09:00 WIB Whisnupaksa Kridhangkara Espospedia Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Kawasan hutan yang terdapat di tengah kota Boyolali akan disulap menjadi kawasan elite. Rencananya, di kawasan ini akan dibangun perumahan elite, rumah sakit mewah, dan hotel berbintang.

Kawasan hutan kota ini berada di Desa Karanggeneng, Kecamatan Boyolai Kota, sebelah utara Taman Kridanggo yang membentang dari sekitar Kali Gedhe hingga sekitar jalur lingkar utara (Jl. Prof Soeharso). Lahan milik warga tersebut saat ini sebagian besar masih ditumbuhi pohon berkayu dan sema-semak.

Meski berada di tengah kota, selama ini kawasan tersebut nyaris terisolasi dan tidak dikembangkan karena keterbatasan akses. Baru pada 2018 Pemkab Boyolali membuat jalan baru dari kawasan Taman Kridanggo hingga Susiloharjo yang menghubungkan wilayah kota bagian timur dan jalan tol via jalur lingkar utara. Jalan baru ini didukung pula dengan dua jembatan baru yakni jembatan Lebur Sekethi dan Lembu Sekilan. Jembatan Lebur Sekethi ini dulu juga disebut-sebut desainnya akan mirip dengan Golden Gate di Amerika.