Soloraya
Jumat, 3 Juli 2009 - 16:32 WIB

Warga tagih janji konsultan proyek pembangunan jalan tol Solo-Ngawi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Sebagian pemilik tanah pekarangan di Desa Dibal, Kecamatan Ngemplak yang akan terkena proyek pembangunan jalan tol Solo-Mantingan, menagih janji konsultan proyek pembangunan jalan bebas hambatan yang telah bersedia kembali turun ke lapangan untuk memvalidasi data. Warga meminta validasi segera dilakukan untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Salah satu warga pemilik tanah pekarangan dan bangunan, Baju Riyanto, 68, mengatakan data yang tidak akurat hanya dapat divalidasi konsultan dengan jalan turun ke lapangan. Jika hanya dicocokkan ulang dengan data mentah, ia khawatir beberapa poin penting akan tetap tercecer.

Advertisement

Riyanto mengatakan, hasil pendataan tanah pekarangan dan bangunan miliknya oleh konsultan tidak sesuai kenyataan. Selain ukuran tidak sesuai sertifikat, seluruh tanaman yang berada di atas tanah pekarangan tidak masuk dalam daftar.

“Padahal tanaman juga masuk hitungan ganti rugi,” ucapnya, Jumat (3/7).

Selain mendesak konsultan segera mencocokkan data dengan jalan turun ke lapangan, Riyanto meminta panitia pembangunan jalan bebas hambatan memberikan kepastian waktu pelaksanaan pembangunan dan target selesai. Menurutnya, tanpa kepastian mengakibatkan warga gelisah.

Advertisement

Ia mengatakan, sebagian besar warga yang akan terkena proyek tol ragu-ragu ketika akan memperbaiki atau membangun rumah, karena belum ada kepastian waktu pembangunan jalan tol.

“Kami khawatir jika rumah sudah diperbaiki atau dibangun, nanti terkena proyek,” tuturnya.

Warga lain, Walid Shodikin, 50, meminta panitia memberikan data hasil pengukuran untuk setiap pemilik masing-masing satu lembar sesuai dengan data kepemilikan. Selama ini data yang diberikan acapkali tumpang tindih antara satu pemilik dengan pemilik lain, karena satu lembar bisa berisi dua hingga tiga pemilik tanah atau bangunan.

dwa

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Jalan Tol Konsultan Warga
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif