Haji
Kamis, 25 Juni 2009 - 12:01 WIB

MUI minta penjelasan komposisi vaksin meningitis

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pekalongan–Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, minta penjelasan dari Dinas Kesehatan setempat terkait komposisi dan proses pembuatan vaksin meningitis yang digunakan sebagai syarat kelengkapan kesehatan para calon haji.

“Untuk menghindari kebingungan para calon haji, kami minta dinas terkait menjelaskan kandungan dan pembuatan vaksin itu,” kata Ketua MUI Kabupaten Pekalongan, Khotim Muhamad di Pekalongan, Kamis (25/6).

Advertisement

Hingga kini MUI Kabupaten Pekalongan, katanya, belum mengambil keputusan vaksin meningitis haram atau halal karena sifatnya masih membingungkan.

“Masalah itu, kami masih menunggu keputusan dari MUI Pusat. Namun saya kira masalah itu akan ada penyelesaian,” katanya.

Ia meminta kepada para calon haji untuk tidak panik menyikapi masalah itu, apalagi pemberangkatan ke tanah suci Mekkah masih lama. “Kami harapkan calon haji jangan panik dan tunggu saja hasil keputusannya nanti,” katanya.

Advertisement

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pekalongan, Hasyim Purwadi mengatakan, sampai saat ini, pihak Dinkes masih menunggu keputusan MUI Pusat.

Pihak Dinkes, katanya, sudah menyerahkan hasil kajiannya dan keterangan dari produsen terhadap kondisi vaksin terakhir.

“Namun, menyoal masalah haram atau halalnya, kami tidak bisa menjawab dan masih menunggu keputusan MUI,” katanya.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif