SOLOPOS.COM - Infografis Usaha Online (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO–Bisnis online shop atau toko daring menjanjikan kemudahan karena bisa dilakukan dari rumah dan dapat menghubungkan penjual dengan pembeli tanpa batasan geografis. Usaha daring menawarkan potensi pasar yang luas tanpa harus membuka toko fisik yang membutuhkan biaya besar.

Agar bisnis online berjalan lancar, ada beberapa hal yang wajib dipahami terlebih dahulu sebelum memulainya. Mengutip sejumlah sumber, lengkah pertama mengawali usaha daring adalah mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar. Produk atau jasa yang dibutuhkan masyarakat membuat bisnis berpeluang besar untuk berkembang.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Langkah selanjutnya menjalankan riset pasar untuk mengetahui permintaan pasar atau data secara objektif. Informasi tersebut penting sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan. Barulah kemudian menentukan target konsumen dengan mempertimbangkan aspek gender, tingkat ekonomi, wilayah, usia, tempat tinggal dan lainnya.

Tak kalah penting yakni mempelajari kekuatan dan kelemahan dari pesaing. Lalu pilihlah model bisnis apakah menjadi agen, dropshipper, atau reseller. Berikutnya, lakukan promosi dan evaluasi secara rutin. Perlu diingat setiap bisnis pasti ada pasang surutnya. Yang terpenting, ada upaya melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas agar usaha berjalan stabil.

Mengutip Entrepeneur, data menunjukkan kebanyakan bisnis online gagal dalam waktu sekitar empat bulan. Tak sedikit pula bisnis yang bertahan setelah empat bulan, namun tak menghasilkan pendapatan ataupun keuntungan yang optimal.

Simak infografis tentang penyebab pelaku usaha online tak mendapatkan pendapatan maksimal dari bisnisnya:

 

Infografis Usaha Online (Solopos/Whisnupaksa)
Infografis: Whisnupaksa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya