SOLOPOS.COM - Mimpi besar dari lereng Lawu.

Solopos.com, KARANGANYAR — Desa Kemuning sekarang berbeda dengan Kemuning yang dulu. Desa yang berada di lereng barat Gunung Lawu, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah tersebut dipilih menjadi pilot project program Smart Village Nusantara (SVN).

Sejak pertengahan 2021 silam, di bawah pendampingan BUMN telekomunikasi, Telkom Group, desa berpenduduk 7.100-an jiwa ini mulai menerapkan digitalisasi di hampir semua layanan desa, termasuk pengelolaan objek wisata desa dan potensi ekonomi desa.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Layanan digital SVN memberi ruang promosi bagi para pengelola destinasi wisata serta pengusaha lokal sehingga destinasi atau produk mereka makin dikenal. Lewat layanan SVN, masyarakat juga makin mudah menyelesaikan setiap persoalan desa karena ada forum kepala desa yang “mendekatkan” kepala desa dengan pengelola BUM Desa dan BPD serta masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya