SOLOPOS.COM - Infografis Kurban di Indonesia (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan hewan kurban untuk Idul Adha 2023 melebihi perkiraan kebutuhan, serta menjamin hewan dalam kondisi sehat bebas penyakit.

Melansir laman Indonesiabaik.id, kriteria hewan kurban, di antaranya hewan ternak, yaitu: unta, sapi, kerbau, dan kambing.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

  • Unta minimal umur 5 tahun
  • Sapi dan kerbau minimal umur 2 tahun
  • Kambing minimal umur 1 tahun
  • Tidak menunjukkan gejala klinis PMK seperti lesu, lepuh pada permukaan selaput mulut ternak termasuk lidah, gusi, hidung, dan teracak atau kuku.
  • Tidak mengeluarkan air liur atau lendir berlebihan.
  • Tidak memiliki cacat, seperti buta, pincang, patah tanduk, putus ekor, atau mengalami kerusakan daun telinga kecuali yang disebabkan untuk pemberian identitas.

Pada 2023, secara ketersediaan ketersediaan hewan dalam kondisi yang mencukupi. Sebab, total hewan kurban yang tersedia mencapai 2.737.996 ekor. 

Rinciannya, kambing ada sebanyak 1.019.459 ekor. Kemudian domba 864.805 ekor, sapi 831.761 ekor, dan kerbau ada 22.791 ekor. Berikut infografis ketersediaan hewan kurban dari tahun ke tahun.

Infografis Kurban di Indonesia (Solopos/Whisnupaksa)
Infografis: Whisnupaksa

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya