SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

171117 Startup_GALIH ERTANTO

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Begini Keseruan Monumen Pers Nasional Goes to School di SMKN 1 Solo

Begini Keseruan Monumen Pers Nasional Goes to School di SMKN 1 Solo
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Selasa, 30 April 2024 - 19:42 WIB
share
SOLOPOS.COM - Siswa SMKN 1 Solo menampilkan Tari Saman dalam acara Monumen Pers Goes to School di halaman sekolah setempat, Selasa (30/5/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Monumen Pers Nasional Solo menyapa 750 siswa Kelas X dan XI SMKN 1 Solo dalam acara bertajuk Monumen Pers Goes to School di halaman sekolah, Selasa (30/5/2024).

Acara dibuka oleh salah seorang siswa yang unjuk kebolehan bernyanyi. Lalu disambung dengan penampilan ekstrakurikuler tari. Memakai pakaian adat Aceh, para siswa itu membawakan Tari Saman di hadapan ratusan siswa lain. 

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Monumen Pers Goes to School ini semakin meriah dengan penampilan ekstrakurikuler lain seperti Paskibra, drama, hadrah, dan lainnya.

Lalu pada kegiatan tersebut juga dipilih dua siswa untuk menjadi Duta Monpers yang mewakili SMKN 1 Solo. Duta Monpers akan terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Monumen Pers  Nasional di Kota Solo. 

Koran Solopos

Duta Monumen Pers Nasional juga bertugas untuk mendekatkan para siswa dengan museum. Terutama memperkenalkan layanan yang ada di Monumen Pers Nasional Solo. 

Kasubag Umum Monumen Pers Nasional, Kuncoro Mahendro Suryo, mengatakan pihaknya ingin mempermudah para siswa untuk mengetahui lebih dekat koleksi Monumen Pers Nasional tanpa harus berkunjung. Kuncoro bersama tim membawa salah satu koleksi berupa produk pers dari masa lalu sebagai bahan pembelajaran para siswa.

“Kami menjemput bola ke sekolah-sekolah, terutama di tingkat SMP, SMA atau SMK. Intinya kami ingin memperkenalkan apa sih Monumen Pers Nasional kepada para siswa, termasuk koleksinya,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (30/4/2024).

Emagazine Solopos

Kuncoro mengatakan melalui kegiatan tersebut pihaknya ingin memperkenalkan sejarah pers para siswa. Menurutnya sejarah pers sangat penting diketahui lantaran menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari perjuangan untuk melawan kolonialisme di masa lalu.

“Pers turut mendukung kemerdekaan di Indonesia,” kata dia.

Selain itu pihaknya juga memperkenalkan layanan yang ada di Monumen Pers Nasional. Beberapa di antaranya seperti koleksi benda-benda bersejarah di bidang pers, dari mulai radio, mesin tik, kamera, hingga bukti terbit berupa surat kabar dan majalah. 

Interaktif Solopos

Koleksi Monumen Pers Nasional berupa surat kabar, majalah, buku perpustakaan dan benda-benda peninggalan pers diperoleh dari terbitan produk pers di seluruh Indonesia. Terdapat  ratusan ribu eksemplar surat kabar dan majalah dari zaman kolonial Belanda hingga sekarang dan dapat dibaca secara gratis.

Dia mengatakan kegiatan tersebut sudah rutin berjalan sejak dua tahun lalu. Sedangkan pada 2024 ini pihaknya sudah mengunjungi empat sekolah yang berbeda di Kota Solo. Dia mengatakan total pada tahun ini pihaknya akan menyambangi sepuluh sekolah.

“Ke depan akan terus dilakukan, sementara ini kita menyambangi sekolah-sekolah yang ada di Kota Solo terlebih dulu. Nanti bisa kami lebarkan lagi sekolah-sekolah di Soloraya. Harapan kami dengan adanya kegiatan ingin mengajak mereka ke meseum,” kata dia.



Relevan dengan Kurikulum Merdeka

Waka Kurikulum SMKN 1 Solo, Agus Suprapto, menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut relevan dengan pembelajaran di sekolahnya melalui Kurikulum Merdeka yang memberikan kesempatan siswa tidak hanya belajar di dalam kelas, namun juga luar kelas.

“Kami berharap acara ini bisa menambah pengetahuan tentang sejarah pers dan sejarah nasional secara umum. Anak-anak ini kan pengetahuan seperti itu masih kurang,” kata dia.

Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Jawa Tengah, Ika Siwi Kusdaryanti, mengatakan kegiatan tersebut bisa menjadi sarana menumbuhkan kecintaan siswa terhadap sejarah nasional dan sejarah pers.

“Juga menjadi upaya untuk menggerakkan budaya literasi atau minat baca bagi siswa. Literasi masih sangat perlu dibudayakan oleh semua warga sekolah, salah satunya dengan kegiatan seperti ini,” kata dia.

Dengan begitu menurutnya kegiatan Monumen Pers Nasional Goes to School bisa turut membantu peningkatan literasi dan meningkatkan minat baca. Dia berharap kegiatan semacam ini terus berjalan dan dibudidayakan di lingkungan sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Peran Holding Mikro BRI Tingkatkan Inklusi Keuangan & Berdayakan Perempuan

Peran Holding Mikro BRI Tingkatkan Inklusi Keuangan & Berdayakan Perempuan
author
Chelin Indra Sushmita Selasa, 30 April 2024 - 19:37 WIB
share
SOLOPOS.COM - Konferensi Pers Perkembangan Holding Ultra Mikro dan Nasabah Mekaar dalam Rangka Pemberdayaan Perempuan di Media Center Kementerian BUMN Selasa (30/4/2024). (Istimewa/BRI)

Solopos.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank yang memiliki fokus bisnis pada segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki target pencapaian 90% dari inklusi keuangan di tahun 2025 dengan target porsi pinjaman untuk UMKM mencapai 85%.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Bisnis Mikro BRI Supari pada acara Konferensi Pers Perkembangan Holding Ultra Mikro dan Nasabah Mekaar dalam Rangka Pemberdayaan Perempuan yang diselenggarakan di Media Center Kementerian BUMN pada Selasa (30/4/2024). Juga hadir dalam acara tersebut Direktur Utama PNM Arief Mulyadi dan Direktur Bisnis PNM Prasetya Sayekti.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Supari mengungkapkan salah satu strategi untuk mencapai target pencapaian 90% dari inklusi keuangan di tahun 2025 yakni dengan memanfaatkan sumber pertumbuhan baru yang berasal dari segmen ultra mikro menjadi enabler melalui holding Ultra Mikro.

Sejak dibentuknya holding Ultra Mikro pada 2021, BRI bersama PNM serta Pegadaian berfokus untuk menjangkau masyarakat yang belum memiliki akses terhadap layanan keuangan, di mana dari 45 juta usaha ultra mikro masih terdapat 18 juta usaha ultra mikro yang masih belum terlayani.

Koran Solopos

“Melalui ekosistem holding Ultra Mikro, BRI bersama PNM dan Pegadaian dapat berfokus pada core business masing-masing dengan menyediakan journey nasabah yang berkelanjutan yang bermanfaat tidak hanya secara ekonomi, namun juga dari aspek sosial,” imbuh Supari.

BRI dalam Holding Ultra Mikro memiliki peran strategis dalam mendukung peningkatan kapabilitas nasabah Mikro dan Ultra Mikro di Indonesia dengan kepemilikan channel, produk, tenaga pemasar serta customer base yang besar, dukungan infrastruktur yang luas serta sebagai mitra pemerintah dalam implementasi kebijakan keberpihakan kepada nasabah Mikro dan Ultra Mikro.

Dengan terbentuknya holding Ultra Mikro, terdapat pergeseran nasabah yang belum terlayani layanan keuangan formal, dari 14 juta usaha di tahun 2022 menjadi sembilan juta nasabah.

Emagazine Solopos

Secara nasional, progress inklusi keuangan telah mengalami peningkatan 3,3% menjadi 87,30% diukur dari penggunaan produk dan layanan keuangan. Sedangkan literasi keuangan di Indonesia mencapai 42,7% dengan peningkatan di indeks pengetahuan produk keuangan, kemampuan berhitung, dan tujuan pengelolaan keuangan.

“Dimulai dari 2021, saat ini holding Ultra Mikro telah masuk tahun ketiga yang salah satu inisiatifnya berfokus pada pemberdayaan berskala penuh. Dilihat dari performa keuangan BRI Mikro dan Ultra Mikro di Q1 2024 telah mencapai 617,9 T dengan jumlah debitur sebanyak 36,8 juta,” imbuhnya.

Dengan kehadiran Holding Ultra Mikro, pertumbuhan nasabah Mekaar telah mencapai 15 Juta nasabah di 2023. Sebanyak 1,3 juta nasabah PNM Mekaar juga telah berhasil naik kelas ke BRI dan Pegadaian.

Interaktif Solopos

Pemberdayaan Perempuan

Sinergi Holding Ultra Mikro pada Q1 2024 telah menumbuhkan 16.404.300 nasabah PNM Mekaar dan terdapat pembukaan rekening Simpedes UMi, sebanyak 199.988.

Ketua kelompok PNM Mekaar juga sudah mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi Agen BRILink Mekaar, lalu sebanyak 4.843 nasabah sudah membuka tabungan emas dari Pegadaian dan integrasi melalui aplikasi juga sudah mempermudah sebanyak 7.961.136 nasabah yang melakukan pembukaan simpedes UMI melalui aplikasi Mekaar DIGI.

Arief Mulyadi, Direktur Utama PNM pada kata pembukanya menekankan fungsi PNM dalam mereaktualisasi budaya bangsa dalam hal gotong-royong. Ia jelaskan sejak sebelum Indonesia merdeka masyarakat kita terbiasa dengan budaya gotong-royong yang tercermin dalam kebiasaaan arisan.



Budaya ini menjadi dasar gerak PNM dalam membentuk kelompok produk yang disebut dengen Pertemuan Kelompok Mingguan (PNM).

“PNM terus mendampingi seluruh perempuan pelaku usaha ultra mikro yang sekarang sampai dengan Desember 2023, nasabah aktif PNM Mekaar yang sudah kami dampingi mencapai 15,1 Juta nasabah. Angka tersebut tumbuh 9,42% year on year jika dibandingkan dengan Desember 2022. Dari sisi jumlah penyaluran pembiayaan, PNM telah menyalurkan sebesar Rp71,2 triliun per 31 Desember 2023. Sementara untuk jumlah pembiayaan aktif sebanyak 15,1 juta nasabah. Sementara untuk jumlah pembiayaan aktif sebanyak 15,1 juta nasabah. Jumlah kantor layanan pada periode tersebut tercatat sebanyak 4.552 kantor dengan cakupan wilayah pembiayaan 35 provinsi, 435 kabupaten/kota, dan 6.165 kecamatan,” papar Direktur Utama PNM Arief Mulyadi.

PNM tidak hanya memberikan modal usaha, tetapi berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas usaha nasabah. Hingga kini sudah mencatatkan jumlah nasabah 15.2 juta di seluruh Indonesia. PNM bekerja untuk pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan. Pembiayaan dan pendampingan merupakan dua sisi mata uang yang tidak boleh dipisahkan satu dengan lainnya.

Menutup keterangannya Arief Mulyadi menekankan fokus PNM adalah mengangkat kepercayaan diri nasabah yang inferior menjadi pelaku usaha yang punya mental untuk maju.

“Kebanyakan nasabah Mekaar ini adalah ibu-ibu yang bahkan tidak berani untuk bermimpi tentang sukses. Setelah kita berikan modal intelektual dan wawasan usaha melalui pengembangan kapasitas usaha mereka akhirnya punya keberanian untuk semakin naik kelas” pungkas Arief Mulyadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

4 Tim Teratas Liga 1 Berlaga Lagi, Ini Penjelasan & Fungsi Championship Series

4 Tim Teratas Liga 1 Berlaga Lagi, Ini Penjelasan & Fungsi Championship Series
author
Abu Nadzib Selasa, 30 April 2024 - 19:33 WIB
share
SOLOPOS.COM - Borneo FC menjadi tim terkuat di Liga 1 musim 2023/2024 dengan 18 laga tanpa pernah kalah dan menjadi satu-satunya tim yang sudah mengunci satu tiket di Babak Championship Series. (IG @borneofc.id)

Solopos.com, SOLO — Empat tim yang merupakan peringkat satu hingga empat di Liga 1 2023/2024 dipastikan berlaga di babak Championship Series mulai 4-26 Mei 2024.

Keempat tim tersebut masing-masing Borneo FC, Persib Bandung, Bali United dan Madura United.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Championship Series baru diberlakukan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Liga 1 musim ini.

Selain menentukan juara Liga 1, Championship Series juga untuk menentukan tiga wakil Indonesia di kompetisi Asia.

Koran Solopos

Jatah Indonesia di pentas Asia adalah play-off Liga Champions, Piala AFC, dan play-off Piala AFC.

Dikutip dari laman resmi PSSI, PT LIB memberlakukan dua tahap di Liga 1 2023/2024 yaitu fase Regular Series dan Championship Series.

Championship Series merupakan tahap kedua dari sistem kompetisi yang mulai dijalankan setelah musim reguler berakhir.

Fase ini akan bergulir setelah fase Regular Series dengan sistem kompetisi penuh selesai.

Mengacu jadwal kompetisi yang dirilis PT LIB, fase Regular Series berakhir pada 30 April 2024.

Peringkat 1 hingga 4 akhir klasemen berhak untuk berlaga di babak Championship Series.

Emagazine Solopos

Format yang digunakan adalah sistem kandang-tandang.

Peringkat pertama klasemen akhir babak reguler akan bertemu peringkat empat, . Artinya, Borneo FC sebagai pemuncak klasemen bakal ditantang peringkat keempat, Madura United.

Sementara peringkat kedua bertemu dengan peringkat ketiga dengan format yang sama, kandang-tandang.

Dua tim yang menang agregat akan berlaga di final untuk menentukan juara Liga 1 dan peringkat kedua.

Sedangkan tim yang kalah agregat dalam laga kandang dan tandang tersebut berlaga untuk memperebutkan peringkat ketiga.

Juara, peringkat kedua, dan peringkat ketiga menjadi wakil Indonesia di kompetisi Asia.

Jatah Indonesia di pentas Asia adalah play off Liga Champions, Piala AFC, dan play-off Piala AFC.

Interaktif Solopos

Ketua Umum PSSI Erick Thohir beberapa waktu lalu mengatakan Liga 1 dengan format baru ini untuk meningkatkan kualitas kompetisi.

Selain itu ada sisi bisnis yang coba dinaikkan.

“Kami berusaha agar kompetisi Liga 1 2023/2024 bergulir lebih menarik, kompetitif, menjunjung tinggi fair play, dan bisa bersaing di level internasional. Jangan lupa, rating televisi untuk sepak bola kita turun. Makanya biar makin kompetitif kita pakai format championship series,” kata ujar Erick seperti dikutip dari laman PSSI.

Direktur PT LIB, Ferry Paulus, mengatakan babak Championship Series akan dimulai pada 9-10 Mei jika Indonesia meraih peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Namun jika gagal, Championship Series akan dimulai pada 14-15 Mei 2024.

Menilik sejarah sepak bola Indonesia, fase Championship Series sebenarnya bukan barang baru di Liga Indonesia.

Format tersebut beberapa kali digunakan pada Liga Indonesia sejak 1994. Bedanya, saat itu peserta liga tidak sebanyak 18 kontestan.



Ketika itu kontestan liga lebih dari 20 tim sehingga harus dibagi ke dalam dua wilayah.

Dua tim teratas di masing-masing wilayah dipertemukan di babak Championship Series untuk menentukan jawaranya.

RANS Terdegradasi

Klub milik artis tajir Raffi Ahmad, RANS Nusantara menjadi yang terakhir terdegradasi ke Liga 2 setelah Bhayangkara FC dan Persikabo.

Dalam laga terakhir di kandang PSM Makassar, RANS Nusantara takluk 2-3. Gol RANS diciptakan KH Yudho dan Evandro sedangkan tiga gol PSM disarangkan melalui brace Yakob Sayuri dan Adilson.

Klub RANS Nusantara yang dimanajeri mantan pemain timnas, Hamka Hamzah itu berada di peringkat 16 klasemen Liga 1 dengan koleksi 35 poin.

Sementara itu Arema FC berhasil menahan imbang Madura United untuk mendapatkan satu poin demi bisa selamat dari zona degradasi.

Klub yang musim ini berlaga tanpa dukungan penonton sebagai dampak kerusuhan Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang tersebut mengoleksi 38 poin dan berada di posisi 15.

Di saat yang sama, PSS Sleman yang meminjam Stadion Manahan Solo sebagai markas menumbangkan Persib Bandung yang bermain dengan lapis dua dengan skor 1-0.

Dengan demikian, tiga klub yakni RANS Nusantara, Bhayangkara FC dan Persikabo 1973 bermain di Liga 2 musim depan.

Mereka digantikan tiga klub yang promosi dari Liga 2 yakni Semen Padang, Maluku Utara United dan PSBS Biak.

Sementara itu, empat tim bakal berlaga di babak Championship Series untuk mendapatkan juara Liga 1 musim 2023/2024.

Mereka adalah tim yang merupakan peringkat 1 hingga 4 klasemen Liga 1

Di posisi teratas adalah Borneo FC (70 poin), disusul Persib Bandung (62), Bali United (58) dan Madura United (55).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories