SOLOPOS.COM - Infografis Dana Desa Kabupaten Klaten 2024 (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KLATENDana desa yang dikucurkan pemerintah pusat untuk 391 desa yang tersebar di 26 kecamatan wilayah Kabupaten Klaten pada 2024 ini mencapai Rp372,6 miliar. Dana itu untuk mempercepat pembangunan desa, penanganan kemiskinan, hingga pemberdayaan masyarakat dan ekonomi desa.

Berdasarkan data yang diakses Solopos.com dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 146 Tahun 2023 Tentang Pengalokasian Dana Desa Setiap Desa, Penyaluran, dan Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2024, nilai dana desa untuk tiap desa berbeda sesuai jenis alokasi yang diterima.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Dana desa dibagi menjadi empat jenis alokasi, yakni alokasi dasar, alokasi formula, alokasi afirmasi, dan alokasi kinerja. Semua desa akan mendapatkan alokasi dasar dan alokasi formula.

Sedangkan alokasi afirmasi hanya diberikan kepada desa tertinggal dan sangat tertinggal dengan jumlah penduduk miskin terbanyak. Di Klaten, tidak ada desa yang mendapatkan alokasi afirmasi.

Namun ada 50-an desa yang mendapat alokasi kinerja. Alokasi kinerja diberikan kepada desa yang dinilai memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan maupun dana desa pada tahun sebelumnya. Berikut data penerimaan dana desa di Kabupaten Klaten pada 2024:

Infografis Dana Desa Kabupaten Klaten 2024 (Solopos/Whisnupaksa)
Infografis: Whisnupaksa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya