SOLOPOS.COM - Infografis Memebedakan Link Palsu (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Kejahatan dunia siber, salah satunya pencurian data pribadi kian canggih, hingga membuat penggunanya perlu waspada guna terhindar dari jebakan, salah satunya phising yang kerap kali disebarluaskan dengan link via SMS, WhatsApp, email, ataupun sosial media lain.

Pishing adalah jenis penipuan online dengan mengelabui target untuk mencuri data pribadi dan informasi sensitif lainnya, sehingga memungkinkan pelaku kejahatan siber menguasai akun atau menarik uang dari data yang dicurinya.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Modus yang digunakan oleh pelaku kejahatan ini cukup beragam, biasanya memanfaatkan informasi mengenai hadiah, tips, undian, hingga bantuan dari pemerintah, kemudian meminta pengguna mengklik tautan atau link tertentu.

Godaan informasi itulah yang terkadang membuat pengguna lengah sehingga mereka serta merta mengklik tautan, hingga terjebak pencurian data pribadi.

Berikut cara menghindari kejahatan phising lewat tautan palsu:

Infografis Memebedakan Link Palsu (Solopos/Whisnupaksa)
Infografis: Whisnupaksa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya