SOLOPOS.COM - Infografis Kredit Ditolak (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO–Setiap keputusan keuangan perlu direncanakan dengan baik, termasuk dalam hal pengajuan kredit/pembiayaan. Jangan sampai pengajuan kredit ditolak oleh bank ataupun perusahaan pembiayaan hanya karena persoalan sepele.

Perencanaan tersebut meliputi beberapa hal seperti menentukan jumlah dan tujuan pinjaman, serta produk dan lembaga jasa keuangan yang akan dipilih. Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Mengutip laman sikapiuangmu.ojk.go.id, Kamis (29/2/2024), saat ini pengajuan kredit atau pembiayaan dari perusahaan pembiayaan dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi atau offline melalui kantor cabang.

Setiap perusahaan pembiayaan memiliki mekanisme pengajuan berbeda, namun biasanya tetap harus melampirkan dokumen yang dipersyaratkan.

Secara umum, dokumen yang diperlukan terdiri dari formulir pengajuan pinjaman, identitas, dan lampiran pendukung. Formulir pinjaman perlu diisi dengan beberapa informasi seperti jumlah pinjaman, jumlah penghasilan, tujuan pinjaman, dan tenor pinjaman.

Informasi ini akan dijadikan sebagai dasar pemberian pinjaman dan perhitungan angsuran Sobat. Identitas diri seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Nikah (bagi debitur yang sudah menikah) dibutuhkan untuk verifikasi calon debitur.

Data ini juga akan digunakan oleh bank/perusahaan pembiayaan untuk mengecek riwayat kredit dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Sedangkan lampiran pendukung seperti mutasi rekening, bukti penghasilan, dan rekening pembayaran listrik/PBB/telepon diperlukan sebagai gambaran kondisi keuangan calon debitur.

Dengan persiapan yang baik dan mencermati segala persyaratan dengan teliti, pengajuan kredit/pembiayaan Sobat akan terhindar dari risiko ditolak karena hal sepele.

Simak infografis terkait beberapa penyebab pengajuan kredit atau pembiayaan ditolak:

Infografis Kredit Ditolak (Solopos/Whisnupaksa)
Infografis: Whisnupaksa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya