SOLOPOS.COM - Infografis Korban PHK (Solopos/Azis Nugroho)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) melaporkan sebanyak 24.114 tenaga kerja di Indonesia menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) sepanjang 2022. Dari data itu, jumlah tenaga kerja yang jadi korban PHK paling banyak berasal dari Kabupaten Jawa Barat dengan 4.629 orang.

Angka korban PHK yang diumumkan Kemenaker itu berbeda jauh dengan data dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Apindo mencatat laporan dari industri garmen, tekstil dan alas kaki telah terjadi PHK atas 87.236 pekerjanya dari 163 perusahaan. Sementara itu, dari data BPJS Ketenagakerjaan mencatat telah terjadi PHK terhadap 919.071 pekerja yang mencairkan dana JHT (Jaminan Hari Tua) akibat PHK dari Januari 1 November 2022.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Apindo memproyeksi badai PHK masih akan berlanjut hingga kuartal I/2023. Ketua Umum Apindo, Hariyadi B. Sukamdani, menerangkan proyeksi tersebut lantaran ada penurunan agregat dalam permintaan ekspor untuk produk hasil industri padat karya secara besar-besaran akhir-akhir ini.

Infografis Korban PHK (Solopos/Azis Nugroho)

Infografis: Azis Nugroho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya