SOLOPOS.COM - Infografis Dana Desa Wonogiri 2024 (Solopos/Khoirul Tri Candra P)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah pusat mengalokasikan dana desa dalam APBN 2024 senilai Rp71 triliun untuk seluruh desa di Indonesia, termasuk Wonogiri. Untuk Kabupaten Wonogiri yang memiliki 251 desa, pemerintah pusat menggelontor dana senilai total Rp254,184 miliar.

Dana desa itu terdiri atas alokasi dasar senilai Rp164,106 miliar, alokasi formula senilai Rp80,359 miliar, dan alokasi kinerja senilai Rp9,718 miliar. Nilai dana desa yang diterima setiap desa berbeda-beda karena tidak semua desa mendapatkan ketiga alokasi itu.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Berdasarkan pengamatan Solopos.com di laman djpk.kemenkeu.go.id, total ada 108 desa di Wonogiri yang mendapat dana desa lebih dari Rp1 miliar. Dana desa tertinggi diperoleh Desa Gedawung dengan nilai Rp1,444 miliar. Sedangkan dana desa terendah diperoleh Desa Bulurejo senilai Rp763,512 juta.

Pemanfaatan dana desa ada yang ditentukan penggunaannya seperti bantuan langsung tunai warga miskin, ketahanan pangan, dan penanganan stunting. Sedangkan dana desa yang tidak ditentukan penggunaannya misalnya untuk mendanai program sektor prioritas sesuai potensi dan karakteristik masing-masing desa.

Berikut data penerimaan dana desa untuk 251 desa di Kabupaten Wonogiri pada 2024:

Infografis Dana Desa Wonogiri 2024 (Solopos/Khoirul Tri Candra P)
Infografis: Khoirul Tri Candra P

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya