Aglis, Kendaraan Listrik Produksi Solo

24 November 2018 06:00 WIB Whisnupaksa Kridhangkara Espospedia Share :

Solopos.com, SOLO -- Beragam inovasi ditampilkan di Balai Kota Solo, Kamis (22/11/2018) salah satunya kendaraan listrik. Salah satu yang dipamerkan adalah kendaraan listrik berjuluk Aglis yang membawa jargon Solo Eco Ride, Aglis adalah buah karya Solo Electric Vehicle Indonesia (SEVI) yang bermarkas di Solo Techno Park (STP). Fabrikasi rangkaian kendaraan dengan panjang dua meteran itu dilakukan oleh teknisi STP dan siswa SMK yang praktik di sana.

Dilihat dari dalam, Aglis tampak seperti sepeda motor matik biasa. Bentuk setang kemudi memanjang dengan tuas rem di kedua sisi dan salah satunya bisa diputar sebagai pedal gas. Tombol maju dan mundur berada di dashboard sebelah kiri, yang harus ditekan jika ingin memajukan atau memundurkan. Speedometer digital yang terpasang juga berfungsi sebagai asisten kamera belakang.

Teknisi STP, Sutrisno, mengatakan, Aglis memiliki jarak tempuh sekira 65-80 kilometer sesudah melalui masa isi daya selama delapan jam. Tenaganya berupa motor listrik berkekuatan 60V 1.000 W, dengan dua pilihan percepatan dan baterai lead acid yang bebas perawatan. Uji coba Aglis telah dilakukan dengan menggebernya melintasi jalanan dari Kantor STP di Jl. Ki Hajar Dewantara, Kentingan, Jebres, Solo sampai Balai Kota.