Infografis Literatur Keislaman

23 Mei 2018 02:00 WIB Whisnupaksa Kridhangkara Espospedia Share :

Solopos.com, SOLO -- Literasi tentang keagamaan bisa diperoleh melalui berbagai cara mulai Internet hingga buku. Tim Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan penelitian untuk memetakan literatur keislaman generasi milenial.

Penelitian ini menyasar siswa SMA, SMK, MA, dan mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta di sebanyak 16 kabupaten/kota yang melibatkan 280 informan. Sebanyak 16 wilayah itu adalah Medan, Padang, Pekanbaru, Bogor, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Jember, Denpasar, Mataram, Ambon, Makassar, Palu, Banjarmasin, dan Pontianak.

”Penelitian ini berangkat dari kerentanan kaum muda Indonesia, khususnya pelajar dan mahasiswa, terhadap radikalisme, ekstremisme, dan terorisme berkait erat dengan kegamangan mereka menghadapi problem-problem struktural dan ketidakpastian masa depan. Di samping itu, majunya teknologi komunikasi dengan adanya internet kian mempengaruhi keadaan,” tutur peneliti Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Munirul Ikhwan.