Soloraya
Jumat, 26 April 2024 - 19:43 WIB

Gerindra Klaten Mulai Jaring Cabup-Cawabup, Muncul Nama dari Kalangan Milenial

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada. (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN — DPC Partai Gerindra Klaten mulai menjaring bakal calon bupati dan calon wakil bupati atau cabup-cawabup untuk Pilkada Klaten 2024. Beberapa tokoh sudah mendekat termasul dari kalangan milenial.

Ketua DPC Partai Gerindra Klaten, Hariyanto, membenarkan sudah ada proses penjaringan cabup-cawabup secara internal. “Sudah membuka tetapi tidak secara umum,” kata Hariyanto saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (26/4/2024).

Advertisement

Dia mengakui sudah ada sejumlah tokoh yang mulai mendekat ke Gerindra untuk maju sebagai bakal cabup. Setidaknya ada dua orang yakni seorang purnawirawan TNI serta seorang profesional yang mulai menjalin komunikasi meski masih dalam tahap informal.

Tak hanya nama cabup, muncul nama tokoh milenial dari Partai Gerindra yang digadang-gadang bisa meramaikan bursa kursi cawabup. “Semua nanti dilihat dulu kualitas dan elektabilitasnya, termasuk popularitas,” kata Hariyanto.

Hariyanto menerangkan DPC Partai Gerindra tak bisa serta merta menetapkan nama cabup maupun cawabup. Ada tahapan yang harus dilalui yakni persetujuan dari DPD hingga DPP.

Advertisement

“Tahapannya nanti dari DPC mengusulkan ke DPD. Kemudian dari DPD mengusulkan ke DPP. Prosesnya dari tingkat bawah mengusulkan,” jelas dia.

Disinggung soal koalisi, Partai Gerindra Klaten juga mulai menjalin komunikasi dengan beberapa pengurus partai di Klaten. Dia memastikan Gerindra bisa berkolaborasi dengan partai mana pun.

Sebagai informasi, pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupat untuk Pilkada 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten dibuka pada 27-29 Agustus 2024. Hal itu sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024. Sementara, Pilkada serentak digelar pada 27 November 2024.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif